PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KEBUDAYAAN INDONESIA

 

Oleh: Silvi Hidayah (Siswi Angkatan 2022)

Dijaman modern seperti sekarang ini kita bisa melakukan sesuatu dengan mudah seperti belajar online, belanja online,komunikasi dengan kerabat yang jauh melalui online, karena semua itu karena teknologi,dan juga teknologi yang mempersempit ruang, serta mempersingkat waktu.sadarkah bahwa itu adalah pengaruh dari adanya globalisasi.

Apa yang dimaksud dengan Globalisasi? Globalisasi adalah meluasnya pengaruh kebudayaan dan ilmu pengetahuan keseuluh penjuru dunia, globalisasi itu terjadi tidak secara otomatis namun ada juga sebabnya seperti yang paling menonjol adalah di bidang IPTEK dan bidang EKONOMI, hal itu dikarena pada jaman sekarang ini manusia selalu mengandalkan segala sesuatu dengan teknologi contohnya saja berdagang melalui online shop, berbisnis wancanegara melalui meating online dengan klaien, bagaimana itu tidak sangat berpengaruh bagi manusia jika mereka berangapan bahwa semua itu dapat mempermudahkan segala urusan mereka,bukan hanya itu saja Namun sesungguhnya globalisasi bukanlah sekedar urusan ekonomi atau perdagangan. Globalisasi memiliki wajah lain. Orang Indonesia bisa mengetahui apa yang terjadi di seluruh penjuru dunia seperti halnya Budaya pop Korea dan Jepang dengan gampang tersaji melalui medsos begitu juga dengan kabar negara tetangga selalu terupdate dengan adanya kemajuan IPTEK di era globalisasi 0.4. sekarang ini, globalisasi di indentik dengan village dimana batas negara memudar karena teknologi informasi, mengapa bisa memudar? menurut beberapa pendapat orang bahwasannya setiap orang bisa melakukan pergi kemanapun yang ia tuju seperti ke luar negeri dengan mudah dan cepat melalui transportasi modern, Selain itu komunikasi lintas negara mudah diakses melalui koneksi internet, seperti yang saya jelaskan diatas dadi seperti adanya kemajuan ilmu pengetahuan teknologi /IPTEK, dengan adanya iptek, akses informasi dan transportasi dapat dijangkau dengan cepat dan mudah.

Ada juga yang menjadi alasan pengaruh globalisasi sangat terbuka yaitu migrasi penduduk menjadikan warga local terbiasa dengan budaya asing yang baru, sehingga kearifan budaya local saat ini memudar karena para remaja gemar dengan gaya asing contohnya saja para remaja sekarang ini meniru gaya berpakaian orang barat mereka menganggap itu hal yang keren, namun mereka tidak mengetahui apa arti penting dari kearifan local, justru meraka beranggapan berpaikaan kebaya ketinggalan zaman. Sudah sangat jelas bukan bahwasannya globalisasi sangat berdampak pada kebudayaan Indonesia saat ini, namun disisi lain kita juga beruntung dengan adanya perkembangan tersebut bagi kita itulah yang mempermudahkan kita. namun sebaliknya hal lain juga akan terjadi seperti sekarang ini kalian tentu merasakan perbedaan yang jelas Ketika kalian berkumpul dengan teman-teman sebaya kalian pasti mereka disibukan dengan gadget mereka masing-masing, itulah juga termasuk memudarnya komunikasi antar sesama hilang, bahkan pengaruhnya juga dapat berupa disentegrasi jika kemajuan IPTEK sekarang kita gunakan dengan Cuma-Cuma. Globalisasi tak  tertinggalkan  karena IPTEK terus berkembang, lalu bagaimana dampak dari globalisasi itu, berikut ini dampaknya.

  1. Sektor ekonomi : transaksi ekonomi jadi lebih mudah dan efesien melalui E-COMMERS. Namun menjadi masalah jika produk local tidak bisa bersaing dan berdapak.
  2. pasar tradisional ditinggalkan
  3. pengganguran bertambah
  • kesenjangan meningkat

jadi itulah yang harus kita hadapi di ERA GLOBALISASI saat ini, dengan cara kita menerima dengan baik maka kita tentu juga akan manfaat yang bermanfaat.

  1. Sosial budaya : kehidupan masyarakat semakin modern segala kebutuhannya dapat dipenuhi dengan mudah melalui situs online, namun menjadi masalah apabila masyarakat tidak memfilter budaya asing seperti terjadinya
  2. Degradasi budaya
  3. Dekandasi moral
  • Redakalisasi agama

Mengapa dari itulah kita harus tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan tanah air Indonesia agar tidak termodernisasi oleh kebudayaan asing yang berdapak buruk bagi kebudayaan kita sendiri bukan, dan kita sendirilah yang bisa melestarikan kebudayaan kita sendiri bangga akan kekayaan kebudayaan Indonesia cinta terhadap tanah air.

Jadi kesimpulannya adalah globalisasi adalah keniscayaan yang tidak mungkin terelakan yang manfaatnya tentu kita rasakan dampak baik buruknya,namun pastinya kita merasa itu hal sangat menguntungkan namun sebaliknya justru hal itulah yang bisa menjadikan kehanjuran bagi generasi bangsa Indonesia dimana  Globalisasi adalah sebuah kondisi tanpa batas karena telah mengadopsi sistem global atau menyeluruh. Sehingga akan sulit dikontrol peredaran dan perkembangannya oleh sebab itu perilaku menyimpang dan segala hal yang mengakibatkan turunnya nilai moral sulit diantisipasi, bahkan tanpa kita sadari budaya kita yang dikenal akan keramahan, kebersatuan dan kekerabatan yang saat erat kini mulai longgar bukan yang diakibatkan adanya globalisasi yang masuk.

Globalisasi terjadi dengan adanya interaksi yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung selain itu dapat juga terjadi dari media televisi dan informasi lainnya.

Dampak globalisasi terjadi pada sendi kehidupan menjadikan rakyat indonesia tidak lagi menunjukkan adat ketimuran. Salah satunya budaya gotong royong berganti menjadi sikap individual dan mementingkan diri sendiri.

Salah satunya untuk mencegah pengaruh negatif globalisasi kebudayaan adalah dengan memberikan benteng untuk kualitas diri seperti meningkatkan skill, dan kemampuan, pemerintahan yang kuat demokratis dan transparansi.

Dengan adanya dampak yang buruk karena globaliasai maka kita harus pintar-pintar dalam mencernah bukan, menurut saya semua itu bisa kita lewati dan atasi dengan cara yang bijak seperti semua orang tertarik dengan sesuatu yang berhubungan dengan IPTEK mungkin kita bisa ajarkan kebudayaan /kearifan local melalui medsos maka dari itu kita tetap bisa melestarikan kebudayaan Indonesia.